Selasa, 25 Januari 2011

Pantai Namalatu Sebagai Objek Wisata

Ambon, Maluku - Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Maluku, Dra. Florance Sahusilawane, mengatakan, objek wisata Pantai Namalatu di Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, sangat cocok untuk dikembangkan sebagai lokasi penyelaman. "Kondisi laut dan panorama bawah lautnya sangat mendukung untuk menjadi lokasi penyelaman, apalagi ditunjang dengan batu karang yang memanjang seperti papan yang menutupi pinggiran pantai," katanya di Ambon, Maluku, Senin (6/7).
Belum lagi, katanya, kondisi ombak yang tergolong besar di pantai itu, sangat cocok untuk olahraga berselancar, di samping daerah kawasan pantai juga dipenuhi dengan taman laut yang indah sehingga sangat disukai wisatawan mancanegara. "Kami pun mulai menata penginapan yang ada di lokasi objek wisata ini, penyediaan peralatan selam, di samping menyediakan pemandunya, sehingga layak sebagai objek wisata selam di Pulau Ambon," katanya.
Di Pulau Ambon sebenarnya terdapat 12 hingga 15 titik spot yang cocok untuk dikembangkan menjadi objek wisata selam, di antaranya pandai Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan dan kawasan Tanjung Setan, Kabupaten Seram bagian Barat (SBB), di mana jika dikembangkan akan menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.
"Semua potensi akan dikembangkan secara bertahap termasuk meningkatkan promosi ke luar sehingga mampu menarik dan meningkatkan arus kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri ke Maluku," ujar dia. Disbudpar Maluku pun akan mengintensifkan kerjasama dengan para pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata untuk menggiatkan berbagai `event` di bidang pariwisata, termasuk meningkatkan promosi, sehingga potensi besar pariwisata bahari yang dimiliki Maluku semakin dikenal luas. Sahusilawane mengakui, pengembangan sektor pariwisata selama ini belum difokuskan untuk pengembangan potensi spesifik yang ada di masing-masing kabupaten/kota.
"Kota Ambon misalnya selain objek wisata bahari pantai yang semakin terkenal, bisa juga dikembangkan potensi wisata kulinernya. Begitu pun, Maluku Tenggara dan Maluku Tenggara Barat (MTB) pengembangannya bisa difokuskan untuk wisata budaya, sehingga mudah dipahami dan dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara," ujarnya. Ditambahkannya, pihaknya pun sedang memfokuskan pengembangan Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah dan Kepulauan Lucipara sebagai lokasi wisata andalan Maluku di masa mendatang, termasuk menggelar event pariwisata berskala nasional dan internasional di kawasan ini. (OL-03
Sumber: http://www.mediaindonesia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer